Seminar Kementrian Keuangan: Kota Ambon Raih Penghargaan WTP Kedua Kalinya

bpkad.ambon.go.id Kamis, 10 Oktober 2019 07:07

Kota Ambon dan 5 kabupaten/kota lainnya di Maluku, berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia untuk laporan keuangan tahun 2018.

Penyerahan penghargaan tersebut, dilakukan bersamaan dengan kegiatan Seminar Kementrian Keuangan dengan tema Menjaga Kesehatan APBN, Ditengah Ketidakstabilan Ekonomi Global, di salah satu hotel berbintang di Kota Ambon, Rabu (9/10/2019).

Selain Kota Ambon, kabupaten kota lain yang juga mendapat predikat WTP yakni Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Pulau Buru.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Maluku, Tri Budianto berkenaan memberikan penghargaa tersebut. Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru menerima penghargaan WTP bersama dengan wakil walikota Tual dan 4 bupati lainnya.

WTP sendiri adalah peringkat opini terbaik  yang diberikan BPK atas laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Opini ini merupakan pernyataan profesioal auditor mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada 4 kriteria.

Empat kriteria tersebut masing-masing, penyesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan  terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistim pengendalian intern.

Menurut BPK, dengan pencapaian opini audit terbaik yang diperoleh ini, menjadi langkah awal untuk memberikan pernyataan kepada publik mengenai kinerja keuangan pemerintah agar kepercayaan publik kepada pemerintah dapat terus meningkat.

Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru kepada info-ambon.com usai menerima penghargaan itu katakan, dengan WTP ini, maka berturut-turut selama 2 tahun, Ambon mendapat predikat yang sama.

Menurutnya, penghargaan dari BPK ini merupakan bukti keseriusan Pemkot Ambon dalam penataan anggaran pemerintah, dan bukti keseriusan seluruh ASN dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, khususnya menyangkut keuangan daerah.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menambahkan, pihaknya memberikan apreseasi seluruh ASN dan juga BPK RI Perwakilan Maluku, yang dengan iklas membantu membimbing staf untuk pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan yang baik dan transparan.

‘’Ini adalah buah dari kerja keras seluruh ASN Pemkot Ambon. Bukti dari ketulusan melayani dan melayani dengan hati. WTP ini adalah bonus sekaligus tantangan untuk lebih baik lagi kedepan,’’ demikian Louhenapessy.

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 28 April 2020 13:29

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 28 April 2020 13:23

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 20:50

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 19:58

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 19:51

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 21 April 2020 08:00

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 21 April 2020 07:57

PIAGAM PENGHARGAAN