Wali Kota Ambon Minta Warga Siaga Kebakaran Hutan

bpkad.ambon.go.id Sabtu, 11 Mei 2019 00:42

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy meminta warga kota untuk siaga menghadapi bencana kebakaran hutan yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kota Ambon.

"Pemkot Ambon terus berupaya meminimalisir terjadinya bencana kebakaran hutan di Kota Ambon akibat musim kemarau yang berkepanjangan, selain antisipasi kami juga meminta warga untuk lebih siaga," katanya dikutip antaranews.com di Ambon, Selasa (12/1).

Menurut dia, kebakaran hutan terjadi beberapa pekan terakhir di sejumlah lokasi di kota Ambon yakni hutan kawasan Halong, Gunung Nona dan sejumlah kawasan lainnya.

"Kebakaran hutan akibat kemarau yang berkepanjangan berdampak pada kabut asap dan debu yang menyelimuti kota Ambon, kami berupaya untuk melakukan antisipasi dengan menyiagakan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mengantisipasi kebakaran," katanya.

Richard menyatakan, langkah antisipasi telah dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar terus waspada terhadap bahaya kebakaran akibat musim kemarau.

Upaya tersebut lanjutnya, perlu mendapat partisipasi dari masyarakat karena tidak mungkin sosialisasi dilakukan tanpa dukungan masyarakat.

"Percuma jika kita melakukan sosialiasi dan imbauan, tetapi masyarakat tidak peka terhadap setiap kondisi yang terjadi. Pemerintah butuh laporan masyarakat yang mampu memproteksi terjadinya bencana sehingga dapat diantisipasi secara cepat," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan melakukan rapat kordinasi dengan seluruh stakeholder guna mengambil langkah cepat dan tepat mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan.

"Kami juga akan mengambil langkah penanganan yang sifatnya darurat terkait bencana kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu terakhir," ujarnya.

Dia mengakui, kebakaran hutan yang terjadi berdampak pada terganggunya aktifitas masyarakat apalagi warga yang menempati kawasan berdekatan dengan hutan yang terbakar.

"Dalam rapat kordinasi kita akan membicarakan juga dampak lingkungan paska kebakaran hutan kemarin dan langkah antisipasi karena bencana kebakaran hutan di Ambon akibat pengaruh musim kemarau bukan sengaja dibakar oknum tertentu," ujarnya.

Richard menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna mengantisipasi musim kemarau yang berdampak pada kekeringan dan kebakaran hutan maupun lahan milik masyarakat.

"Sosialisasi terus dilakukan baik dalam kegiatan blusukan dan sosialisasi secara langsung di masyarakat atau juga melalui sarana komunikasi media massa," katanya.

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 28 April 2020 13:29

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 28 April 2020 13:23

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 20:50

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 19:58

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Kamis, 23 April 2020 19:51

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 21 April 2020 08:00

Orange Themes
bpkad.ambon.go.id

Selasa, 21 April 2020 07:57

PIAGAM PENGHARGAAN